Tanda-tanda Penyakit Berbahaya yang Bisa Dideteksi Lewat Kulit

img

Kulit tidak hanya berhubungan dengan kecantikan. Sebagai organ terbesar, kulit juga bisa mendeteksi tanda-tanda awal adanya gangguan kesehatan pada tubuh.

Menurut ahli, tanda-tanda tulang rapuh, diabetes dan kekurangan vitamin bisa muncul pertama kali pada kulit. Seperti dikutip dari Huffington Post, studi yang melibatkan 114 wanita pascamenopause menemukan bahwa kerutan jelas pada wajah dan leher bisa mengindikasikan adanya peningkatan risiko tulang rapuh.

Wanita dengan kerutan yang tampak jelas dan dalam, kepadatan tulangnya cenderung lebih rendah di area pinggul, tulang panggul dan tumit. Kerutan dan garis penuaan yang semakin banyak juga menunjukkan bahwa tubuh kurang memproduksi kolagen. Kolagen berhubungan erat dengan kepadatan tulang. Jika kolagen berkurang, maka kepadatan tulang juga menipis.

Hormon yang bertanggungjawab terhadap produksi kolagen adalah estrogen. Selain menjaga kepadatan dan kekuatan tulang, kolagen juga berfungsi mempertahankan elastisitas kulit. Ketika level estrogen pada wanita menurun karena menopause, “Kolagen pada kulit hilang, yang artinya kulit tidak lagi kencang dan elastis, dan terbentuklah kerutan,” jelas Dr. Ronald Young, co-director dari Menopause Center di Texas Children’s Pavillion for Women, Houston.

“Semakin banyak kerutan, semakin berkurang kepadatan tulang,” tambah Lubna Pal, associate professor di Yale School of Medicine, yang memimpin penelitian.

Perubahan di kulit juga bisa menunjukkan adanya gangguan kesehatan lain. Jika mendapati adanya ruam yang tebal, berwarna gelap dan agak kasar di lipatan kulit seperti leher dan ketiak, para dokter menyarankan untuk tes darah karena dikhawatirkan kemungkinan diabetes.

Ruam yang disebut acanthosis nigricans ini sebenarnya lebih banyak terjadi pada penderita obesitas. Tapi juga bisa jadi tanda awal diabetes, seperti dijelaskan Janet Lin dari Baltimore’s Mercy Medical Center.

Waspadai juga apabila kulit Anda terlihat bergelombang atau tidak rata dan terdapat ruam. Kemungkinan ada masalah pada kelenjar thyroid.

Thyroid bertanggungjawab memproduksi hormon yang mengatur suhu tubuh, metabolisme, sistem syaraf, juga kesehatan kulit, rambut serta kuku. Tanda-tanda jika thyroid Anda tak bekerja dengan baik biasanya langsung terlihat pada kulit, terutama di area lengan bagian dalam dan jari-jari tangan.

Jika kondisinya sudah akut, bisa menyebar ke area tubuh lainnya seperti kaki, kulit kepala dan leher. Terkadang juga bisa ditandai dengan kerontokan rambut, kuku mudah rapuh dan kulit bersisik. Apabila tanda-tanda ini terjadi pada Anda, segera temui dokter spesialis penyakit dalam untuk diperiksa kondisi thyroid-nya.

Leave a comment