BALITA ANDA FLU?ATASILAH DENGAN CARA ALAMI INI

maduVirus flu juga dapat menyerang bayi, yang biasanya ditandai dengan batuk, bersin, pilek, dan rasa tidak nyaman pada tubuh hingga membuat bayi rewel sepanjang hari. Obat-obatan pereda flu mungkin tidak cocok dan berbahaya bagi bayi, sehingga atasi flu bayi dengan cara yang lebih alami.

Berikut adalah cara alami mengatasi flu yang disarankan untuk balita di bawah usia 4 tahun, seperti dilansir Parenting, Kamis (14/2/2013) antara lain:

1. Memberikan madu

Batuk dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan membuatnya rewel sepanjang hari. Penelitian dari Pennsylvania State University di Hershey menunjukkan bahwa batuk pada bayi dapat disembuhkan dengan memberinya sedikit madu murni.

Akan tetapi, hal ini tidak berlaku jika bayi masih berusia di bawah 12 bulan, karena rentan terhadap spora botulisme, yang sering ditemukan dalam madu. Berikan setengah sendok teh madu murni pada bayi, 30 menit sebelum tidur.

2. Memberikan kuah sup ayam

Sup ayam diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan tenggorokan gatal dan membersihkan hidung tersumbat. Hal ini tidak hanya berlaku untuk orang dewasa saja, tetapi bayi juga dapat mengambil manfaat dari pengobatan tradisional ini.

Berikan kuah sup ayam yang hangat-hangat kuku pada bayi menggunakan sendok teh yang pas untuk ukuran mulut bayi.

3. Redakan hidungnya yang tersumbat

Untuk melegakan hidung tersumbat pada bayi, Anda dapat melumasi hidungnya dengan semprotan Saline, yang dapat diperoleh di apotek. Obat ini sangat ringan dan aman untuk bayi, fungsinya untuk membantu meredakan iritasi dan mengatasi hidung tersumbat.

Atau anda juga dapat menggunakan aspirator hidung untuk menghisap lendir dari hidung mungil bayi. Tetapi batasi penggunaan aspirator hingga 2-3 kali sehari untuk menghindari iritasi.

4. Menjaga agar bayi tetap terhidrasi

Rasa sakit pada tenggorokan dapat memburuk jika bayi mengalami dehidrasi. Sehingga pastikan bahwa bayi tidak kehausan dan berikan ASI eksklusif yang ramah bagi tenggorokan. Jika bayi telah berusia lebih dari 2 tahun, pastikan dirinya cukup minum air putih.

Leave a comment