5 Fakta Penting Tentang Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

 Sudah cukupkah Anda minum air putih hari ini? Banyak orang yang malas minum air putih dengan alasan rasanya hambar, membosankan dan bagi beberapa orang membuat mual. Padahal tak dipungkiri lagi, mencukupi kebutuhan tubuh akan air putih sangat penting bagi kesehatan.

Air membantu meningkatkan metabolisme yang nantinya akan mempengaruhi cara tubuh kita menangani produksi energi dan penyimpanan lemak. Selain itu, masih banyak manfaat besar lainnya dari air putih. Sheela Krishnaswarmy, konsultan diet dan kesehatan memaparkan lima fakta kesehatan tentang air putih, seperti dilansir oleh Health Me Up.

1. Mengerti Jumlah Ideal Air yang Harus Diminum Setiap Hari
Tidak ada ukuran ‘ideal’ atau ukuran tetap jumlah air yang sesuai untuk dikonsumsi semua orang setiap hari. Nyatanya, kebutuhan orang akan air putih tidak selalu sama. Umumnya banyak orang menyarankan untuk minum sedikitnya delapan gelas per hari. Namun itu bisa saja kurang atau bahkan berlebih. Sebagai patokan, 30 ml air per kilogram berat badan akan mencukupi kebutuhan normal orang dewasa sehat. Faktor lain yang mempengaruhi jumlah asupan air adalah iklim, penyakit, usia, rasa haus, aktivitas fisik, dan sebagainya. Misalnya, olahragawan membutuhkan lebih banyak konsumsi air daripada yang bukan atlet.

2. Perawatan Menyeluruh
Air merupakan bagian dari sel tubuh dan harus selalu dijaga kecukupannya. Berbeda dengan rasa haus akan minuman dingin yang berguna mengatur suhu tubuh, meminum air akan membantu kita membuang keluar toksin-toksin dan ‘limbah’ pada ginjal, menjaga membrane mukosa tetap lembab, membantu pencernaan, melumasi sendi, menjaga kekentalan darah serta melembabkan kulit.

3. Air Dapat Mencegah Penyakit
Air dapat membantu mencegah konstipasi (sembelit) dengan menjadikan tinja lebih lunak sehingga mudah untuk dibuang dari usus. Air juga berguna untuk mencegah infeksi saluran kemih, mencegah terjadinya keriput dengan membuat kulit tetap lembab dan mencegah infeksi. Air juga berguna untuk mencegah alergi dengan menjaga selaput lendir, tenggorokan, hidung dan mata tetap lembab. Asupan air yang cukup dapat mencegah dehidrasi dan efek buruk yang dihasilkannya.

4. Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Asupan Air Melalui Makanan
Anda bisa mengombinasikan air putih dengan substansi lain untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Misalnya saja sari jeruk nipis segar, jus buah alami, air kelapa, susu tawar dan sup bening. Beberapa jenis buah dan sayuran juga kaya akan kandungan air yang akan membantu Anda meningkatkan hidrasi tubuh, terutama di musim panas yang kering. Beberapa makanan yang bisa merehidrasi tubuh adalah ketimun, melon, semangka, tomat dan seledri.

5. Air dan Penurunan Berat Badan
Meminum air sebelum makan mampu menekan nafsu makan, sehingga Anda akan makan lebih sedikit. Namun, hal ini tidak langsung berpengaruh pada penurunan berat badan. Menurunkan berat badan membutuhkan usaha yang dibarengi asupan makan seimbang serta aktivitas fisik. Terlebih lagi, air tidak memiliki kalori dan dapat menciptakan rasa kenyang yang secara langsung ikut memengaruhi proses diet Anda.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s